Minggu, 03 Mei 2009

MTQ ke-37 Resmi Dibuka Gubernur Lampung


Depagwk-Way Kanan. Sabtu 2 Mei 2009, Musabaqah Tiwatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Lampung ke-37 di Way Kanan resmi dibuka oleh Gubernur Lampung Samsurya Ryacudu. Dalam sambutannya disela-sela pembukaan, Gubernur Lampung Syamsurya Cudu menyatakan bahwa: ”MTQ sebagai event akbar yang diselenggarakan setiap tahun merupakan momen yang sangat penting dalam menggali potensi sumber daya insani yang handal dalam membangun manusia Indonesia seutuhnya.” Lebih lanjut Gubernur Lampung menyatakan :”Melalui MTQ Tingkat Provinsi Lampung ke-37 tahun 2009 ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni: 1. MTQ merupakan forum dan momentum untuk meningkatkan dan mempererat Ukhwah Islamiyah dan Ukhwah Watoniah khususnya dengan sesama khalifah dari 11 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. 2. MTQ merupakan sarana untuk mencari dan mengembangkan tunas-tunas muda berbakat dalam menguasai isi kandungan Al-qur’an sehingga dalam berbagai even mendatang kita memiliki para tilawah yang handal. 3. Melalui MTQ ke-37 diharapkan muncul wajah-wajah baru, sehingga ada regenerasi dan kaderisasi yang mapan. 4. Menghadapi MTQ di tahun-tahun mendatang, mulai tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota samapai Tingkat Provinsi dilakukan secara terus-menerus dan periodik, sehingga persiapan dan pembinaannya tidak terkesan mendadak.’

Sementara itu, Bupati Way Kanan Tamanuri selaku Tuan Rumah menyatakan terimakasih yang sangat mendalam kepada Bapak Gubernur Lampung, Bupati/Wali Kota se-Provinsi Lampung, yang telah memeberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kabupaten Way Kanan untuk menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ Tingkat Provinsi Lampung ke-37 Tahun 2009. Lebih lanjut Tamanuri menyatakan ”Kesempatan dan kepercayaan ini merupakan amanah yang harus diemban dan dilaksanakan bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Way Kanan, yang saat ini sedang giat dan gencar melaksanakan serta meningkatkan pembangunan di segala bidang, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Way Kanan.
Pembukan MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Lampung kali ini berlangsung sangat meriah, pasalnya selain dihadiri tidak kurang dari 7000 orang, MTQ ke-37 kali ini berbarengan dengan HUT Kabupaten Way Kanan ke-10. Menyertai MTQ ke-37 dan HUT ke-10 Kabupaten Way Kanan, juga di selenggarkan Pameran Pembangunan yang diikuti oleh 11 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Pesta kembang api dan kehadiran Artis Religi Ibukota Opic melengkapi kemeriahan pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Lampung ke-37 di Bumi Ramik Ragom Way Kanan itu.
MTQ ke-37 yang akan berlangsung sampai tanggal 7 Mei ini akan melombakan beberapa cabang, diantaranya: Tilawah, Hifzil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, dan Khottil Qur’an yang diikuti sekitar 825 qari’-qari’ah se-Provinsi Lampung.


0 komentar:

Posting Komentar